Ads Vs Influencer

Ads Vs Influencer, Mana yang Lebih Baik?

Endorsement dengan memanfaatkan influencer sebagai media promosi merupakan hal yang lumrah dilakukan bisnis dalam media sosial. Namun terdapat pihak yang kontra terhadap beberapa influencer karena berbagai macam alasan seperti review yang selalu positif hingga kesukaran dalam menjalin komunikasi. 

Selain endorsement menggunakan Influencer, promosi bisnis pada media sosial juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur beriklan pada Facebook Ads yang termasuk didalamnya ada Instagram Ads. 

Jika ditakar dari kedua metode promosi tersebut, masing-masing individu memiliki pandangan tersendiri dalam memanfaatkan promosi media sosial. Lantas manakah yang lebih baik diantara kedua metode promosi media sosial tersebut? Maka jawabannya tergantung dari seberapa besar tujuan yang ingin dicapai dan seberapa besar budget hingga Sumber daya dalam menjalankan kedua hal tersebut. Namun tidak perlu khawatir, Higi creative Lab memberikan pandangan kelebihan-kelebihan apa saja dari kedua media promosi masa kini tersebut, mari kita simak dari facebook dan instagram Ads terlebih dahulu.

 

Dapat menyesuaikan Lokasi, Umur, hingga interest pengguna

Dari kedua platform media sosial tersebut menyediakan fitur iklan yang dapat diatur sedemikian rupa dengan menyesuaikan lokasi, umur, dan minat audience yang disasar. Penyesuaian tersebut dapat memaksimalkan iklan agar tepat sasaran dengan target market dan tujuan melakukan iklan.

 

Mengatur budget dan durasi

Dalam Facebook dan instagram ads, akun dapat diperkenankan mengatur budget hingga durasi yang diinginkan untuk beriklan. Hal ini dapat menguntungkan karena bisnis dapat melakukan penyesuaian kemampuan dalam membuat iklan.

 

Estimasi jangkauan

Selain budget dan durasi, estimasi jangkauan dapat diperkirakan juga dari Facebook dan Instagram ads sehingga bisnis dapat memperkirakan berapa banyak akun yang dapat melihat iklan tersebut

 

Setelah kita membahas kelebihan Facebook dan Instagram ads, selanjutnya kita akan membahas mengenai kelebihan suatu bisnis berkolaborasi atau menggunakan jasa endorsement influencer pada sosial media.

 

Brand Awareness

Dari review yang dihasilkan influencer atau dapat disebut selebgram menjurus pada platform yang kerap kali digunakan, suatu bisnis akan mendapat brand awareness atau dapat dikenal oleh pengikut influencer tersebut. Awareness sangat penting bagi suatu bisnis agar semakin dikenal oleh masyarakat dan familiar di benak. Dari Awareness sendiri suatu bisnis mampu menempati top of mind atau posisi puncak pada benak masyarakat sehingga jika mengatakan seseorang membicarakan suatu produk dapat diwakilkan dengan nama bisnis itu.

 

Meningkatkan kepercayaan produk atau jasa

Jika dengan ads atau iklan seseorang mengenal, maka dengan bantuan influencer seseorang akan semakin mudah untuk percaya kepada suatu bisnis karena telah mendapat review dari influencer mulai dari bagaimana produk atau jasanya hingga bentuk apa saja yang ditawarkan. Dengan kemampuan influencer yang memiliki kekuatan dalam mempengaruhi seseorang, bisnis dapat memperoleh kepercayaan seseorang dari review atau ulasan influencer.

 

Dapat menarik minat orang pada brand 

Influencer dengan kekuatannya dalam mempengaruhi seseorang mampu membuat pengikutnya untuk mengikuti gaya hidup hingga mempercayai informasi yang disebarkan. Sehingga dari review yang didapat dari influencer mampu mendorong orang untuk menggunakan produk atau jasa dari suatu bisnis.

 

Kesimpulan 

Melihat dari dua metode tersebut, Influencer dan ads seharusnya berjalan beriringan bersama dalam memberikan informasi terhadap suatu bisnis agar semakin dikenal masyarakat luas. Cap-cap negatif akan selalu ada bagi kedua metode tersebut sehingga bisnis harusnya jeli dalam melihat peluang yang akan diambil dengan menimbang berbagai aspek mulai dari kebutuhan hingga efektivitas kedua metode tersebut.

 

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.