Potensi Media Sosial Bagi Brand di Indonesia

 

Media Sosial saat ini telah menjadi hal lumrah dimiliki oleh berbagai macam orang di dunia. Mulai dari bayi hingga hewan peliharaan kesayangan tidak luput dari penggunaan media sosial. Hakikatnya sosial media merupakan tempat terhubungnya satu orang dengan yang lainnya tanpa jarak, batas, dan waktu selama terdapat akses Internet. Dengan adanya akses internet pula masyarakat dunia khususnya Indonesia, secara luas dapat mengakses berbagai macam informasi dan media sosial, tercermin pada riset gabungan We are social dengan hootsuite pada tahun 2020 tercatat ada 175,4 Juta pengguna Internet di Indonesia. Angka tersebut mengalami kenaikan 17% atau 25 juta pengguna dari total 272,1 juta jiwa populasi Indonesia.

 

Berdasar laporan tersebut, diketahui juga bahwa 160 juta masyarakat Indonesia aktif pada media sosial. Youtube, whatsapp, facebook, Instagram, dan twitter tercatat sebagai lima media sosial yang paling sering digunakan. Dengan riset tersebut, sudah sewajarnya suatu brand tidak memandang sebelah mata media sosial, karena memiliki banyak manfaat bagi perkembangan brand itu sendiri. Lantas apa saja potensi pengelolaan optimal media sosial bagi suatu brand?

 

Dapat dilihat dan terhubung dengan masyarakat luas

Dengan banyaknya masyarakat Indonesia menggunakan media sosial, suatu brand dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk dilihat masyarakat luas tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Selain itu jika dilakukan secara benar dan optimal, tidak menutup kemungkinan masyarakat yang tertarik dengan suatu brand dapat menghubungi secara langsung dan menciptakan suatu hubungan antara brand dengan pelanggan.  

 

Menciptakan kesan suatu brand pada masyarakat

Kesan yang menempel pada benak masyarakat pada suatu brand sangat penting dan menjadi tolak ukur keberhasilan. Masyarakat akan secara mudah mengenal brand jika memiliki kesan yang kuat dan menempel pada benak, sehingga brand perlu mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk membuat citra pada masyarakat dikarenakan kehidupan masyarakat saat ini tidak dapat terpisah dengan media sosial.

 

Meningkatkan potensi keuntungan

Brand dapat memperoleh keuntungan berlebih jika proses pembentukan citra dan informasi dilakukan secara tepat di media sosial. Masyarakat akan secara mudah melirik dan mengeluarkan materi pada suatu brand jika pesan yang disampaikan sesuai, mengena dan mampu menjawab kebutuhan seseorang  dalam memecahkan permasalahan bila yang ditampilkan pada media sosial dilakukan secara tepat sasaran

 

Penyampaian informasi dapat dilakukan secara cepat, luas, dan dapat diakses kapan saja

Tidak perlu khawatir jika brand memiliki arus informasi yang cepat, karena dengan media sosial, brand dapat menyampaikan informasi secara cepat dan luas. Selain itu, masyarakat dapat melihat kembali suatu informasi yang disampaikan brand kapan dan dimana saja sehingga brand tidak perlu khawatir informasi yang disampaikan tidak didengar.

 

Setelah mengetahui manfaat dan potensi yang ada di atas, tidak ada salahnya brand mulai mengoptimalkan media sosial dengan berbagai macam cara seperti membuat desain menarik, tulisan yang menyentuh, dan strategi tepat agar masyarakat secara luas dapat mengetahui keberadaan suatu brand.

 

No Comments

Post A Comment