Potensi Media Sosial Bagi Brand di Indonesia

Media Sosial saat ini telah menjadi hal lumrah dimiliki oleh berbagai macam orang di dunia. Mulai dari bayi hingga hewan peliharaan kesayangan tidak luput dari penggunaan media sosial. Hakikatnya sosial media merupakan tempat terhubungnya satu orang dengan yang lainnya tanpa jarak, batas, dan waktu selama terdapat akses Internet. Dengan adanya akses internet, masyarakat Indonesia secara luas dapat mengakses berbagai macam informasi dan media sosial. Tercermin pada riset gabungan We are social dengan hootsuite pada tahun 2020 tercatat ada 175,4 Juta pengguna Internet di Indonesia. Angka tersebut mengalami kenaikan 17% atau 25 juta pengguna dari total 272,1 juta jiwa populasi Indonesia.

 

Berdasar laporan tersebut, diketahui juga bahwa 160 juta masyarakat Indonesia aktif pada media sosial. Youtube, whatsapp, facebook, Instagram, dan twitter tercatat sebagai lima media sosial yang paling sering digunakan. Berdasar riset tersebut, sudah sewajarnya brand tidak memandang sebelah mata media sosial, karena memiliki banyak manfaat bagi perkembangan brand. 

 

Lantas apa saja potensi pengelolaan optimal media sosial bagi suatu brand?

 

Dapat dilihat dan terhubung dengan masyarakat luas
Banyaknya masyarakat Indonesia menggunakan media sosial, suatu brand dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk dilihat secara luas tanpa batasan waktu dan tempat. Jika dilakukan  secara benar dan optimal, tidak menutup kemungkinan masyarakat yang tertarik dengan suatu brand dapat menghubungi secara langsung dan menciptakan suatu hubungan terhadap brand melalui media sosial.  

 

Menciptakan kesan suatu brand pada masyarakat
Kesan yang menempel pada benak masyarakat pada suatu brand sangat penting dan menjadi tolak ukur keberhasilan.  Masyarakat secara mudah mengenal brand jika memiliki kesan yang kuat dan menempel pada benak. Sehingga brand perlu mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk menciptakan citra karena kehidupan masyarakat saat ini lekat dengan gawai hingga Internet

 

Meningkatkan potensi keuntungan
Brand dapat memperoleh keuntungan berlebih jika proses pembentukan citra dan informasi dilakukan secara tepat di media sosial. Masyarakat secara mudah melirik dan mengeluarkan materi pada suatu brand jika pesan yang disampaikan sesuai, mengena dan mampu menjawab kebutuhan. Brand yang baik dapat menghadirkan pesan dalam menjawab problem pelanggan.

 

Penyampaian informasi dapat dilakukan secara cepat, luas, dan dapat diakses kapan saja
Tidak perlu khawatir jika brand memiliki arus informasi yang cepat. Dengan media sosial, brand dapat menyampaikan informasi secara cepat dan luas. Masyarakat juga dapat melihat kembali informasi suatu brand kapan dan dimana saja. Sehingga brand tidak perlu khawatir informasi  tidak didengar.

 

Setelah mengetahui manfaat dan potensi yang ada, tidak ada salahnya brand mulai mengoptimalkan media sosial.  Membuat desain menarik, tulisan yang menyentuh, dan strategi tepat dapat dilakukan brand agar masyarakat luas dapat mengetahui dan mengenal.

 

3 Comments
  • john wick 3 izle
    Posted at 10:37h, 19 January Reply

    You have remarked very interesting points! ps nice website. Abbe Marchall Caritta

  • 7 kogus
    Posted at 20:59h, 29 January Reply

    You are a great writer. I just saved your webpage. Joannes Tomaso Tarttan

  • movies
    Posted at 10:01h, 30 January Reply

    Simply desire to say your article is as astounding. The clearness in your post is simply spectacular and i could assume you are an expert on this subject. Well with your permission let me to grab your feed to keep up to date with forthcoming post. Thanks a million and please continue the gratifying work.| Neilla Ron Chen

Post A Comment